Ovrina Resti Arisandi,M.TPd.

Assalamualaikum Wr.Wb. Hallo temans..Salam kenal dari bumi rafflesia, Provinsi Bengkulu. Penulis dilahirkan di salah satu Desa di salah satu daerah kabupa...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengenal Homeschooling    Part 2
http://bit.ly/361vVYE

Mengenal Homeschooling Part 2

TantanganGurusiana ke-3

Mengenal Homeschooling

#Part 2

Klasifikasi Homeschooling

Menurut Mulyadi (2007:36), terdapat tiga jenis homeschooling, yaitu sebagai berikut:

1. Homeschooling tunggal, yaitu homeschooling yang dilaksanakan oleh orang tua dalam satu keluarga tanpa bergabung dengan lainnya. Homeschooling jenis ini diterapkan karena adanya tujuan atau alasan khusus yang tidak dapat diketahui atau dikompromikan dengan komunitas homeschooling lain.

2. Homeschooling majemuk, yaitu homeschooling yang dilaksanakan oleh dua atau lebih keluarga untuk kegiatan tertentu sementara kegiatan pokok tetap dilaksanakan oleh orang tua masing-masing. Alasannya terdapat kebutuhan-kebutuhan yang dapat dikompromikan oleh beberapa keluarga untuk melakukan kegiatan bersama.

3. Komunitas Homeschooling, merupakan gabungan beberapa homeschooling majemuk yang menyusun dan menentukan silabus, bahan ajar, sarana dan prasarana dan jadwal pembelajaran.

Metode Homeschooling

1. Metode klasik homeschooling

Tahap pertama dari metode ini dimulai ketika siswa memelajari cara belajar dan mengasah kemampuan untuk mengingat banyak hal. Tahap selanjutnya, sudah ada sambungan yang mulai tercipta dari fakta-fakta yang sudah dipelajari. Tahap ketiga, ketika siswa sudah bisa menggunakan sambungan dari fakta-fakta, bisa merumuskan dan mengartikulasikan fakta tersebut dengan pendapatnya sendiri. Metode ini baik digunakan jika Anda :

a. Terstruktur.

b. Memiliki keinginan untuk mengevaluasi cara belajar anak Anda berdasarkan standar akademik.

c. Melihat nilai dari pendidikan yang menempatkan keutamaan pada kata-kata tertulis, baik dalam membaca dan menulis.

d. Ingin berkonsentrasi pada sastra klasik barat sebagai alat untuk mengembangkan pemikirian kritis.

e. Memiliki anak yang berorientasi akademis.

2. Metode Charlotte Mason

Charlotte Mason adalah seorang pendidik Inggris yang metode pengajarannya menggunakan metode yang unik. Banyak homeschoolers menggunakan metode tersebut untuk mengajar putra-putrinya. Aalasannya adalah:

a. Pelajarannya relatif singkat.

b. Membuat narasi (dalam bentuk tulisan maupun lisan tergantung pada usia anak).

c. Memiliki ujian (ujian dilakukan mengambil teori yang sudah dipelajari selama 12 minggu).

d. Mempelajari gambar.

e. Mempelajari music.

f. Mempelajari peta.

g. Memiliki banyak subjek pelajaran.

3. Metode berbasis computer

Metode homeschooling menggunakan komputer menjadi lebih populer. Ada peningkatan varietas bagaimana siswa menggunakan komputer sebagai sarana homeschooling mereka. Kurikulum menggunakan komputer memiliki CD atau DVD sebagai sarananya.

4. Metode elektik

Seperti namanya, dalam metode ini orangtua cenderung menggunakannya berbagai metode homeschooling yang tergantung pada kebutuhan anak. Daripada terhambat dengan satu filosofi atau satu metode, lebih baik mengambil sedikit dari berbagai metode.

5. Metode textbook atau sekolah tradisional

Metode homeschooling berbasis model pada ide tradisional dari sebuah sekolah dengan menggunakan workbook atau buku pelajaran. Belajar dengan menggunakan buku yang digunakan di sekolah mengurangi potensi kesenjangan antara pelajaran yang dipelajari siswa.

6. Metode independen atau belajar sendiri

Di dalam metode homeschooling independen, orangtua membantu anak untuk belajar cara belajar, kemudian secara bertahap anak akan menggunakan alat-alat membaca, menulis, aritmatika sendirian. Orangtua tidak hadir untuk mengajar, tetapi lebih untuk membantu anak dalam proses mengembangkan keyakinan agar anak bisa belajar sendiri.

*******

@rienaasmawibengkulu_140520

Sumber :

Mulyadi, Seto. 2007. Homeschooling Keluarga kak-Seto. Bandung: Kaifa

http://www.home-school-curriculum-advisor.com/

Penulis, dilahirkan di sebuah kota bagian selatan Sumatera, yang biasa dikenal bumi rafflesia, Provinsi Bengkulu.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ..semangat

14 May
Balas



search

New Post